Selasa, 01 Desember 2009

Awas, Kena Tipu Gelar Instan di Internet

Awas, Kena Tipu Gelar Instan di Internet
 

Spam Gelar Instant (symantec)
Jakarta - Spam yang menjanjikan gelar instan menjadi salah satu serangan paling menonjol dalam beberapa bulan terakhir. Pesan tersebut coba menggoda pengguna internet dengan gelar kepolisian, perawat, guru, hingga seni kuliner palsu.

Dalam laporan rutin dari Symantec Messaging & Web Security, modus operandi yang dijalankan sang penjahat cyber adalah dengan menawarkan gelar tersebut tanpa perlu usaha sama sekali.

Cukup menelepon nomor yang diberikan di dalam email yang dikirim, pengguna lalu dijanjikan memperoleh sertifikat gelar dengan cepat.

"Dengan meningkatnya popularitas pendidikan online, spammer sekali lagi berusaha memasuki pasar yang menonjol ini," lanjut laporan tersebut, dikutip detikINET, Senin (30/11/2009).

Pada bulan Oktober 2009, spam gelar mendominasi 22 dari 50 subyek teratas yang diamati terkait dengan serangan ini.

Total volume spam sendiri mencapai 87% dari keseluruhan pesan email yang beredar. Yang sangat menyolok adalah pertumbuhan spam yang berasal dari Asia Pasifik dan Jepang yang mencapai 23% dan Amerika Selatan 22%.

Dari sisi kategori, spam internet meningkat 7% dan saat ini mencapai sebesar 39% dari keseluruhan pesan email. Kategori tersebut termasuk di antaranya adalah spam gelar. ( ash /

0 komentar: